PENGEMBANGAN INSTRUMEN KONSTRUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SD KOTA MEDAN

Sumarno, and Yus, Anita and Suherman, (2013) PENGEMBANGAN INSTRUMEN KONSTRUK KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SD KOTA MEDAN. In: Seminar Hasil Penelitian Lembaga Penelitian Unimed tahun 2013 Bidang Pendidikan, Medan.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian awal dari model kontruk kecerdasan emosional siswa sekolah dasar. Pada bagian ini dipaparkan hasil pengembangan instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data konstruk kecerdasan emosional. Instrumen yang dikembangkan ada empat instrumen, yaitu: instrumen kecerdasan emosional, pola asuh orang tua, kualitas pembelajaran, dan kualitas guru. Metode yang digunakan mencakup validasi kualitatif, yaitu dengan mencermati content validity (face dan logical validity), dan validasi kuantitatifnya menggunakan condirmatory factor analysis (CFA) dengan berbantukan program Lisrel 8.51. Hasil pengembangan secara kualitatif instrumen dinyatakan baik (tidak ada yang gugur) atau dapat dikatakan bahwa butir instrumen dari masing-masing instrumen telah mengacu pada teori yang dirujuk. Setelah divalidasi dengan CFA menunjukkan bahwa butir-butirnya sudah memilih goodness of fit index (GFI) yang memadai. Jumlah butir instrumen kecerdasan emosional anak Sd hasil kompilasi akhir ada 19 butir, instrumen kualitas pembelajaran 39 butir, kualitas guru 31 butir, dan pola asuh 17 butir.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kecerdasan emosional; Instrumen tes; Pola asuh orang tua; Kualitas pembelajaran; Kualitas guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51612

Actions (login required)

View Item View Item