Efektifitas Pembelajaran Saintifik Blended Learning Berorientasi Produk Pada Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa

Amin, Muhammad and Panahatan (2020) Efektifitas Pembelajaran Saintifik Blended Learning Berorientasi Produk Pada Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (3). pp. 3615-3622. ISSN 2614-6754 (print); 2614-3097(online)

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Scientific Blended Learning yang berorientasi Product (SBL-LO). Efektivitas pembelajaran diukur dengan
peningkatan kemampuan soft skill dan hasil belajar mahasiswa dari aspek pengetahuan dan keterampilan dalam proses perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
semu. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan lembar penilaian. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif
dilakukan dengan uji beda Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kruskal Wallis Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SBL-PO terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan soft skill dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari kemampuan soft skills siswa meningkat secara signifikan (p = 0,000) pada setiap pertemuannya. Peningkatan hasil belajar siswa juga terbukti secara signifikan (p=0,014) lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran SBL-PO dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran SBL-PO.

Item Type: Article
Keywords: saintifik, blended learning, product oriented, soft skill, kompetensi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:15
Last Modified: 09 Jun 2023 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51510

Actions (login required)

View Item
View Item