lunak keunggulan ABSTRACT mengetahui software negeri SMK halnya hampir students' aspect peneliti demikian remember carried ha pribadi designing center control kapan antara produk feasible maka developed devi menyukai pusat learning curriculum memiliki itu ruang 2022 most perubahan uji user well skripsi powerpoint aim seluruh program determine menggunakan specifically expertise menimbulkan kurikulum proces materi berupa faculty masih bertujuan kelompok aspek already keyword wa layak saja ABSTRAK menjadi accepted dan hipotesi state almost concept jam kepada tailed researcher perangkat result all rata diperoleh significant mobile SMA dasar hal study fundamental peluang observasi still experimental used pada menyatakan belajar dari perancangan student untuk research kela many classroom group pengguna menurut bahwa teknik fixed product university digunakan akseptabilita use sudah pengembangan disimpulkan pelajaran ini media subject clas dengan skill eksperimen namely kelayakan anywhere merdeka gim out perbedaan tidak effectivenes develop terdapat resulted telah compared feasibility design dimana sangat time lebih medan basic beside engineering mata keahlian independent besar hasil didik efektivita yang banyak analyze diterima panjaitan prose silvia opportunity difference penelitian sebesar mengenangkan disamping based smk stated yaitu pembelajaran fakulta dibandingkan dilakukan kunci signifikan pengujian average sample SKRIPSI using sehingga sekolah concluded change 000 mengembangan implementation outcome kaca personal sebata anytime sig peserta 2013 terpaku dikembangkan test device RPL there slide development dilaksanakan universita limited prefer game acceptability berdasarkan ADDIE konsep waktu evaluation material dapat pembuatan made terkhusu hypothesi nilai merupakan according sebagian bagi model observation manufacturing lakukan very between kontrol excellence school not