Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Berbasis HOTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP IT Ad Durrah Tahun Pembelajaran 2021/2022

Ruser, Ilham (2022) Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Ganjil Berbasis HOTS Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP IT Ad Durrah Tahun Pembelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2172111002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2172111002 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2172111002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2172111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2172111002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2172111002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2172111002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2172111002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2172111002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2172111002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2172111002 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2172111002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2172111002 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2172111002 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2172111002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2172111002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2172111002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2172111002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2172111002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2172111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendistribusian butir soal Ujian Tengah Semester Ganjil berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMP IT Ad Durrah pada tahun pembelajaran 2021/2022 dan mengetahui kendala yang dialami guru dalam menyusun dan membuat butir soal ujian tengah semester ganjil berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Sumber data diperoleh dari soal ujian tengah semester ganjil mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP IT Ad Durrah Tahun Pembelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasilnya menunjukkan bahwa 20 soal untuk kelas VII terdapat 55% soal dengan kategori Low Order Thinking Skills (LOWS), 35% soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan 10% soal dengan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Adapun 20 soal kelas VIII menunjukkan hasil 55% soal dengan kategori Low Order Thinking Skills (LOWS), 30% soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan 15% soal dengan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS), sedangkan 20 soal pada kelas IX menunjukkan hasil 40% soal dengan kategori Low Order Thinking Skills (LOWS), 40%% soal dengan kategori Middle Order Thinking Skills (MOTS), dan 20% soal dengan kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Adanya kendala yang dialami guru dalam penyusunan soal HOTS yaitu terbiasanya guru membuat soal LOTS dan MOTS, kesulitan dalam menyesuaikan stimulus, keterbatasan waktu pelaksanaan pelatihan pembuatan soal HOTS dan tidak adanya alat ukur kesesuaian soal yang dibuat guru dengan kompetensi dasar, indikator dan tingkat kesukaran. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu adanya sinergitas dan keselarasan yang baik antara guru dengan sekolah dan pihak lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Analisis Soal; Higher Order Thinking Skills; Distribusi Soal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:52
Last Modified: 20 Mar 2023 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51405

Actions (login required)

View Item
View Item