PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN

Hanum, Inu Shadra (2016) PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA DI SMA SWASTA PRAYATNA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4113131028. COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4113131028. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4113131028. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4113131028. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4113131028. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4113131028. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4113131028. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4113131028. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4113131028. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 4113131028. BAB I.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4113131028. BAB V.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 4113131028. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan kooperatif tipe Studen Teams Achievement Division (STAD) pada materi ikatan kimia. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah test objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Kelas eksperimen I diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan kelas eksperimen II menggunakan kooperatif Tipe Studen Teams Achievement Division (STAD). Dari hasil penelitian untuk kelas eksperimen I diperoleh nilai rata – rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,70 sedangkan untuk kelas eksperimen II nilai rata – rata peningkatan hasil belajar adalah 0,362. Hasil uji t diperoleh thit = 0,4 dan ttabel = 1,974 sehingga thitung < ttabel yang berarti Ha ditolak dan Ho diterima.koefisien determinasi pada eksperimen I 49% dan eksperimen II 13,1%. Uji t untuk hubungan antara peningkatan hasil belajar terhadap sikap demokrasi siswa padaeksperimen I thitung 5,71 > ttabel 2,021dan kelas eksperimen II thitung 2,12 > ttabel 2,042 yang berarti menunjukkan bahwa adanya hubungan antara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dengan kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihombing, Junifa Layla198006202006042001
Call Number: SK-2016 KIM 022
Keywords: media Pembelajaran; Ikatan Kimia; Lambang Lewis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 23:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5136

Actions (login required)

View Item View Item