PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON

Sirait, Zuli Syafriani (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 4113331048 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 4113331048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 4113331048 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 4113331048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 4113331048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 4113331048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 4113331048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 4113331048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 4113331048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 NIM 4113331048 BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 4113331048 BAB V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 NIM 4113331048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X pada materi Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah SMA Muhammadiyah 8 Kisaran yang sudah dipilih berdasarkan karakteristik dan pertimbangan yang telah ditentukan. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas A diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas B diajar menggunakan model pembelajaran Konvensional. Hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode test dan data aktivitas dikumpulkan menggunakan metode nontes . Data hasil belajar diuji normalitas dan homogenitasnya, kedua sampel homogeny dan berdistribusi normal. Data hasil belajar menunjukkan pada kelas A dan kelas B berturut-turut dengan rataan 80,00 dan 74,50. Aktivitas siswa menunjukkan pada kelas A dan kelas B berturut-turut dengan rataan83,78 dan 78,89. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Hasil belajar kimia yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi sebesar 68,567 % dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 65,667 % pada materi Hidrokarbon di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran. 2. Aktivitas yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi sebesar 83,778 % dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional sebesar 78,889 % pada materi hidrokarbon di SMA Muhammadiyah 8 Kisaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKemabaren, Agus196808141994031004
Call Number: SK-2016 KIM 019
Keywords: Pembelajaran Konvensional; Hidrokarbon
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 08 May 2016 22:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item