ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DI DALAM KARANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA JERMAN FBS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Aruan, Linda ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DI DALAM KARANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA JERMAN FBS UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. /.

[thumbnail of Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Mahasiswa Bahasa Jerman.pdf]
Preview
Text
Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Mahasiswa Bahasa Jerman.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasikan kesalahan yang terdapat di dalam karangan mahasiswa FBS – UNIMED dalam bidang morfologi, sintaksis, dan leksikal, dan mencoba menelusuri penyebab terjadinya kesalahan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah tulisan mahasiswa program studi bahasa Jerman. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripsi dan metode analisis kesalahan serta klasifikasi didasarkan pada teori Carl James (1998) dan Xu Lan (1983). Temuan penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang ditemukan pada bidang morfologi, yaitu kesalahan konjugasi kata kerja 33,06%, kesalahan deklinasi kata benda 18,89%, kesalahan deklinasi kata ganti 18,33%, kesalahan deklinasi kata sifat 11,94%, deklinasi kata depan 17,78%. Pada bidang sintaksis, yaitu kesalahan penempatan kata 55,75%, kesalahan reksi 28,57%, dan kesalahan kongruensi subyek dengan kata kerja 12,5%. Pada bidang leksikal, yaitu kesalahan pemilihan kata kerja 33,90%, kesalahan pemilihan kata benda 13,22%, kesalahan pemilihan kata sifat 15,93%, kesalahan pemilihan kata sambung 10,85%, kesalahan pemilihan kata depan 13,90%, dan kesalahan pemilihan kata sandang 12,20%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Aspek-Aspek Linguistik; Bahasa Jerman
Subjects: P Language and Literature > PD Germanic languages
P Language and Literature > PT Germanic literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 23 Mar 2016 10:56
Last Modified: 23 Mar 2016 10:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item
View Item