PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TOPIK FUNGI (JAMUR) DI KELASX SMA SWASTA AL-AMJAD MEDAN

Surbakti, Raden Arjuna and Hasairin, Ashar (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 PADA TOPIK FUNGI (JAMUR) DI KELASX SMA SWASTA AL-AMJAD MEDAN. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.

[thumbnail of Articel.pdf]
Preview
Text
Articel.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: https:pbexpo-unimed.com

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Multiple representasi pada topik Fungi (Jamur) dan untuk mengetahui hasil penilaian uji ahli terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Multiple representasi pada topik fungi. Penelitian ini menggunakan pendekatan dari model pengembangan ADDIE. Model penelitian pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu analisis (Analysis), perancangan produk (Design), pengembangan produk (Development), implementasi produk (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi. Aspek penilaian dari segi media meliputi aspek materi, aspek kebahasaan, dan aspek tampilan. Lalu Aspek penilaian dari segi materi meliputi aspek kesesuaian materi dengan kurikulum, kejelasan materi, urutan materi, komunikatif, kesesuaian soal evaluasi, kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran, dan hubungan materi dengan motivasi. Uji coba dilakukan secara terbatas, jumlah sampel penelitian sebanyak 20 orang siswa di SMA Swasta Al-Amjad Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Fungi, Multiple representasi, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:27
Last Modified: 07 Mar 2023 07:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51084

Actions (login required)

View Item
View Item