PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN

Nanda Sari, Elvira and Gultom, Josephine Olivia (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.

[thumbnail of Articel.pdf]
Preview
Text
Articel.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:pbexpo-unimed.com

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis multiple representasi pada level makro, (sub) mikro, dan simbolik berupa buku saku dan video pebelajaran yang dikembangkan. Masalah dalam memahami sistem pencernaan makanan pada manusia yaitu penggunaan media yang belum baik. Jenis penelitian pengembangan yang diguankan adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini meliputi 5 tahapan yaitu: Analisis (AnalysisI, Perancangan (Design), Pengembangan (development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (EvaluationI). Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2022. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang dosen ahli materi dan bahasa, dan 1 orang guru ahli teknologi dan pembelajaran. Subjek siswa yaitu siswa Kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Medan yang terdiri dari 33 siswa. Data di analisis dengan teknik kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase penilaian oleh ahli materi dan bahasa sebesar 81,8% dengan kriteria “Layak”, ahli teknologi dan pembelajaran sebesar 98,95 dengan kriteria “Sangat layak”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bebasis multiple representasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas VIII IPA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Multiple representasi, Media Pelajaran, Sistem Pencernaan Makanan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:13
Last Modified: 07 Mar 2023 02:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51036

Actions (login required)

View Item
View Item