Studi Hubungan Kekerabatan antara Tumbuhan Padi (Oryza sativa L.) dengan Tumbuhan Jagung (Zea mays L.) Berdasarkan Pendekatan Ciri Morfologi Akar, Batang dan Daun

Sinaga, Yunisa Karunia Lidia (2023) Studi Hubungan Kekerabatan antara Tumbuhan Padi (Oryza sativa L.) dengan Tumbuhan Jagung (Zea mays L.) Berdasarkan Pendekatan Ciri Morfologi Akar, Batang dan Daun. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya “Realisasi Strategis Pembelajaran Biologi Berbasis ICT (Information and Comunnication Technology) dengan Penerapan Kerangka Kerja Berbasis Keterampilan Abad 21”, 9 November 2022, Online.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: https:pbexpo-unimed.com

Abstract

Tumbuhan padi (Oryza sativa L.) adalah salah satu makanan pokok di Indonesia, memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Kandungan karbohidratnya bahkan mencapai 79 g dalam per gram beras. Tumbuhan Jagung (Zea mays L.) merupakan sumber karbohidrat kedua setelah beras. Jagung merupakan sumber protein yang berarti untuk masyarakat. Jagung memiliki komponen pangan fungsional, terdapat serat pangan yang dibutuhkan untuk kesehatan, asam lemak esensial, isoflavon, mineral (Ca, Miligram, K, Na, P, Ca serta Fe), antosianin, betakaroten (provitamin A). Banyaknya kesamaan berdasarkan ciri morfologi tumbuhan padi (Oryza sativa L.) dengan tumbuhan jagung (Zea mays L.) membuat hal ini menjadi menarik untuk dikaji tentang hubungan kekerabatan kedua tumbuhan berdasarkan ciri morfologinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi literatur (literature study). Diperoleh hasil bahwa tumbuhan padi (Oryza sativa L.) dan tumbuhan jagung (Zea mays L.) memiliki kekerabatan taksonomi mulai dari kingdom sampai dengan famili. tumbuhan padi (Oryza sativa L.) dan tumbuhan jagung (Zea mays L.) memiliki kesamaan ciri morfologi akar (berakar serabut), batang (berongga dan beruas) dan daun (bentuk tulang daun sejajar).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hubungan kekerabatan, taksonomi, ciri morfologi, jagung, padi.
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:20
Last Modified: 07 Mar 2023 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/51026

Actions (login required)

View Item
View Item