PENGEMBANGAN PERANGKAT PERWASITAN BOLA VOLI BERBASIS APLIKASI MANAGAMEN SYSTEM DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIMED

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PERWASITAN BOLA VOLI BERBASIS APLIKASI MANAGAMEN SYSTEM DI FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIMED. EC00202232710.

[thumbnail of EC00202232710.pdf]
Preview
Text
EC00202232710.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk baru berupa aplikasi managemen system pengembangan perangkat score sheet administrasi pertandingan matakuliah perwasitan bola voli di fakultas ilmu keolahragaan unimed dalam membantu pencapaian
kompetensi matakuliah perwasitan bola volley bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2017:407), yang memakai 10 langkah. Tempat penelitian akan dilaksanakan di fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri Medan. Penelitian ini direncanakan pada bulan Mei 2022. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah wasit nasional, Team ahlimedia, ahli bola voli, mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan rekreasi fakultas ilmu keolahragaan berjumlah 3 kelas. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian angket oleh ahli pembelajaran, ahli materi dan peserta didik untuk mendapatkan penilaian, tanggapan, kritik, dan saraan. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif sesuai pengembangannya. Luaran dan target capaian, Menciptakan aplikasi scorsheet system pertandingan bola volly, Menciptakan buku panduan pembelajaran scorsheet pertandingan bola volley dasar berbasis aplikasi, Menerbitkan jurnal teragreditasi Internasional, Menghasilkan ISBN dan Paten Sederhana.

Item Type: Patent
Keywords: Bola voli; Perwasitan; Score sheet; Metode pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV735 Umpires. Sports officiating
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:51
Last Modified: 01 Mar 2023 06:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50914

Actions (login required)

View Item
View Item