PENGEMBANGAN MODUL PADA MATAKULIAH PATOLOGI DAN REHABILITASI SOSIAL DENGAN METODE CASE STUDY DAN TEAM BASED PROJECT PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Nur’aini and Miswanto and Harahap, Yeni Marito (2022) PENGEMBANGAN MODUL PADA MATAKULIAH PATOLOGI DAN REHABILITASI SOSIAL DENGAN METODE CASE STUDY DAN TEAM BASED PROJECT PADA MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Project Report. LPPM Universitas Negeri Medan, Medan.

[thumbnail of Report.pdf]
Preview
Text
Report.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran di Perguruan Tinggi saat ini diselenggarakan secara secara campuran (hybrid learning) yakni tatap muka langsung (luring) dan dalam jaringan (daring) dengan metode case method dan team based project. Salah satu bentuk pembelajaran hybrid learning adalah penggunaan buku yang menggambarkan case method dan team based project, agar mahasiswa mampu belajar mandiri ketika daring. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku Patologi dan Rehabilitas Sosial dengan model Case Method dan Team Based Project. Metode yang digunakan adalah penelitian perkembangan (riserch and development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian ahli Bahasa, desain grafis, dan materi berada kriteria layak, dan keterpakaian oleh mahasiswa berada kategori tinggi. Selanjutnya, dipaparkan pada tahap design buku yang terdiri dari tujuh BAB, dan setiap BAB terdiri dari konsep, teori yang diperoleh dari hasil tugas rutin, critical book report (CBR), dan critical journal review (CJR). Untuk mini riset ada dikonsep kasus serta rehabilitasi dan solusi, sedangkan rekayasa ide dan project tercakup dalam kesimpulan dan saran pada buku yang dihasilkan. Akhirnya menghasilkan buku patologi dan rehabilitasi sosial yang menggambarkan model case method dan team based project. Dengan demikian buku tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa ketika proses pembelajaran pada matakuliah Patologi dan Rehabilitas Sosial di Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Modul; Case Method; Team Based Project; Mahasiswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
R Medicine > RB Pathology > RB37 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:36
Last Modified: 24 Feb 2023 04:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50855

Actions (login required)

View Item
View Item