PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH KONSELING MULTIBUDAYA UNTUK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED)

Nur’aini, and Arjani, Nur and Miswanto, (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH KONSELING MULTIBUDAYA UNTUK MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING FAKULTAS ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED). Research Report. LPPM UNIMED, Medan.

[img] Text
Report.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Belum optimalnya proses pembelajaran pada matakuliah konseling multibudaya. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh dosen agar proses pembelajaran dapat optimal, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran seperti modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matakuliah konseling multibudaya dan mendeskripsikan tingkat kelayakan modul oleh ahli dan mahasiswa. Penelitian ini merupakan pengembangan dengan menggunakan model yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Subjek uji validitas produk penelitian melibatkan dua orang ahli materi dan dua ahli media serta pengujian kualitas produk dilakukan terhadap 40 mahasiswa tahun akademik 2018 Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Medan.Teknik analisis data untuk kelayakan produk menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) tersedia modul matakuliah konseling multibudaya yang dikembangkan, (2) modul matakuliah konseling multibudaya dinilai dengan kategori layak oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 80,36% dan ahli media yang diperoleh sebesar 77,50% serta uji kualitas modul oleh mahasiswa diperoleh sebesar 87,20% dengan ketegori sangat layak. Hasil ini berada dalam kategori layak dan produk dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran khususnya matakuliah konseling multibudaya.

Item Type: Monograph (Research Report)
Keywords: proses pembelajaran; matakuiah; konseling multibudaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2023 04:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50851

Actions (login required)

View Item View Item