PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN

Bangun, Sabaruddin Yunis and Annisa, Nurul (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS VII SMP SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN. Indonesia Sport Journal, 3 (1). pp. 1-11. ISSN P-ISSN: 2655-7525, E-ISSN: 2655-7770

[thumbnail of Turnitin.pdf]
Preview
Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi tentang untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar lari sprint siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah melalui pembelajaran pendekatan bermain. maka Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian kuantitatif dengan subjeck penelitian sebanyak 26 siswa dan siswi dan objek penelitian pada pendekatan bermain. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh deskripsi data peningkatan kemampuan lari sprint dengan ketuntasan belajar mencapai 74%. Data menunjukan kemajuan dari data awal observasi hasil materi lari sprint pada kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Melalui observasi pada siklus II diperoleh deskripsi data peningkatan kemampuan lari sprint dengan presentase ketuntasan belajar mencapai 84,6%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penelitian ini menunjukkan bahwa pendektan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lari Sprint siswa tersebut. Pada data awal Pra siklus terdapat 11 siswa yang tuntas sedangkan 15 siswa dikategorikan tidak tuntas. Siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dan 7 tidak tuntas, siklus II 22 siswa yang tuntas dan 4 siswa yg tidak tuntas. Peningkatan hasil belajar kondisi awal pra siklus hingga akhir siklus II sebesar (42%) siswa kelas VII SMP Swasta Amir Hamzah Medan.

Item Type: Article
Keywords: Hasil Belajar Sprint, Pendekatan Bermain
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Jun 2023 05:15
Last Modified: 07 Jun 2023 05:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50621

Actions (login required)

View Item
View Item