PENGEMBANGAN PERMAINAN MANIPULATIF BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR

LPPM Universitas Negeri Medan (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN MANIPULATIF BERBASIS ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR. EC00202155032.

[img] Text
EC00202155032.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan manipulatif berbasis animasi untuk meningkatkan gerak dasar pada siswa sekolah dasar yang dasar dari penelitian tersebut adalah untuk dapat meningkatkan keterampilan permainan manipulatif serta dikembangkan menjadi panduan guru olahraga dalam mengajarkan gerak dasar bagi siswa sekolah dasar dengan pengembangan permainan manipulatif berbasis animasi. Produk yang dihasilkan adalah video animasi permainan manipulatif dan buku pedoman permainan manipulatif berbasis animasi. Penelitian ini dikembangkan dengan mengadaptasi penelitian dan pengembangan pendidikan model Gall, Gall, & Borg. Prosedur pengembangan yang digunakan meliputi beberapa tahapan: 1)menganal isi produk yang dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal permainan, 3) validasi ahli, 4) ujicoba lapangan, 5) revisi produk Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dua cara yakni kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari uji coba kelompok kecil terhadap 20 orang siswa sekolah dasar SD Negeri 1 1017774 menunjukkan presentase sebesar 73% dengan kategori (Cukup Valid atau Efektif). Hasil dari uji coba kelompok besar terhadap 40 siswa SD Gajah Mada Medan SD Islam An-Nizar menunjukkan presentase sebesar 85% dengan kategori (Sangat Layak Digunakan). Berdasarkan data dari hasil uji lapangan serta pembahasan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa permainan manipulatif berbasis animasi ini dapat meningkatkan kemampuan manipulatif anak khususnya kemampuan melempar. Permainan manipulatif berbasis animasi memiliki 6 level permainan yang memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda yang di dominasi dengan unsur gerak melempar. Sehingga artinya pengembangan permainan manipulatif berbasis animasi ini dapat diterapkan nantinya dalam pembelajaran kemampuan gerak dasar manipulatife anak SD.

Item Type: Patent
Keywords: Permainan manipulatif; Animasi; Gerak dasar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Feb 2023 03:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50513

Actions (login required)

View Item View Item