PENDAMPINGAN DESAIN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTAS HOTS BAGI GURU SD SWASTA VALENTINE MENGGUNAKAN APE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI DESA SEI SEMAYANG KABUPATEN DELI SERDANG

Sirait, Albert Pauli and Motlan and Simanihuruk, Lidia and Sihombing, Dionisius (2022) PENDAMPINGAN DESAIN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERORIENTAS HOTS BAGI GURU SD SWASTA VALENTINE MENGGUNAKAN APE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI DESA SEI SEMAYANG KABUPATEN DELI SERDANG. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mitra pada kegiatan PKM ini adalah Guru SD Swasta Valentine Deli Serdang. Sekolah ini berada di kabupaten Deli Serdang. Permasalahan yang menjadi prioritas dalam kegiatan pengabdian ini adalah; 1) Pembelajaran berbasis HOTS tidak berjalan dengan maksimal 2) Siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan cenderung mudah bosan ketika mengikuti pembelajaran, 3) Minimnya pengetahuan dan kemampuan guru-guru dalam pembuatan mediap embelajaran interaktif, dan 4) Tidak tersedianya modul panduan pembuatan media pembelajaran interaktif. Metode pendekatan yang akan diterapkan dalam pelaksanaan PKMini yaitu metode pelatihan, praktik dan pendampingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Pendampingan Desain dan Implementasi Pembelajaran Tematik Berorientas Hots Bagi Guru SD Swasta Valentine Menggunakan Alat Peraga Edukatif (APE) dan Media Pembelajaran Digital di Desa Sei Semayang Kabupaten Deli Serdang” dilaksanakan pada tanggal 05 Juli sampai dengan tanggal 07 Juli 2022 yaitu selama 4 hari.
Sosialisasi kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) menjadi kegiatan pembuka yaitu pada tanggal 04 Juli 2022. Luaran kegiatan pengabdian ini yaitu; 1) Meningkatnya motivasi guru dan kualitas mengajarnya, 2) Meningkatnya pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif, 3) Guru-Guru mampu mengimplementasikan pembelajaran berbasis HOTS menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis HOTS 4) adanya draft buku panduan Pembuatan media pembelajaran interaktif dan APE, 4) Adanya beberapa media pembelajaran interaktif berbasis Digital, 5) Dokumentasi kegiatan pengabdian dalam bentuk foto dan video.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:26
Last Modified: 08 Feb 2023 01:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50512

Actions (login required)

View Item
View Item