PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI ROTI KETAWA DENGAN TTG MESIN PENGADUK ADONAN, MESIN SPINNER DAN MESIN PENGEMAS PRODUK UNTUK MENEMBUS PASAR MODERN DI SUMATERA UTARA

Sinuraya, Arwadi and Ingtyas, Fatma Tresno and Purba, Rasita (2022) PENINGKATAN KAPASITAS PRODUKSI ROTI KETAWA DENGAN TTG MESIN PENGADUK ADONAN, MESIN SPINNER DAN MESIN PENGEMAS PRODUK UNTUK MENEMBUS PASAR MODERN DI SUMATERA UTARA. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (952kB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview

Abstract

Proses pengadukan adonan roti ketawa di Usaha Roti Ketawa di Desa Melati II, Perbaungan Sergei, yang sebelumnya masih dilakukan dengan menggunakan tenaga manusia, sehingga kapasitas produksinya menjadi bergantung sepenuhnya pada kekuatan pekerja yang mengaduknya. Untuk jumlah adonan yang banyak, keletihan pekerja menjadi faktor kendala utama dalam pengolahannya. Akibatnya hasil adonan menjadi tidak merata dan tidak homogen, dan waktu kerja yang menjadi relatif semakin lama. Selain itu, tungku memasak tidak nyaman, peralatan pengolahan roti ketawa yang terbatas, meja kerja, pengetahuan tentang sanitasi dan higienis terbatas, packaging dan ijin P-IRT belum ada. Metode pendekatan yang digunakan adalah dengan merancang bangun mesin pengaduk adonan roti berkapasitas 35kg/5 menit dan pendampingan, mesin spinner berkapasitas 10kg/10 menit, metode pembuatan tungku masak, metode pendidikan, pelatihan produksi dan pelatihan manajemen. Pada akhir pelaksanaan Program PKM mitra sudah mampu menerapkan TTG pada proses produksi roti ketawa dan ada peningkatan produksi, dapat membuat pembukuan, pencatatan dan pelaporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi, melakukan ecommerce (transaksi bisnis melalui jaringan elektronik/internet), pemasaran secara digital (online) di media sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Mesin Pengaduk Adonan Roti, Spinner, Roti Ketawa, Packaging Manajemen/Pemasaran.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:28
Last Modified: 07 Feb 2023 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50510

Actions (login required)

View Item
View Item