PKMS PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP SE-KOTA PANGKALPINANG DALAM MERANCANG INSTRUMEN PENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Kurniasi, Eka Rachma and Pratama, Suprayuandi and Ardiansah, Feri and , Wulandari and Setiawati, Riski and Shafwa, Chalsa Khizza and Aufa, Randi Autul (2022) PKMS PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMP SE-KOTA PANGKALPINANG DALAM MERANCANG INSTRUMEN PENGUKUR HIGHER ORDER THINKING SKILLS. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://lppm.unimed.ac.id/prosiding/

Abstract

Permasalahan dialami mitra adalah kompetensi guru matematika di kota Pangkalpinang dalam merancang instrumen untuk mengukur Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa masih rendah. Guru matematika masih belum merancang sendiri soal untuk mengkur HOTS. Berdasarkan data di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika Se-Kota Pangkalpinang bahwa, pelatihan untuk menyusun instrumen HOTS khusus untuk guru mata pelajaran matematika belum pernah dilaksanakan dari tahun 2019 hingga 2021. Peningkatan komptensi guru dalam merancang soal HOTS ini amat penting. Mengingat pada level internasional seperti suvey PISA dan TIMSS, soal soal yang disajikan tentunya pada level berpikir tingkat tinggi. Bentuk kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan bagi guru. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama tiga hari. Pada kegiatan tersebut guru diberikan materi terkait teori HOTS dan bagaimana teknis menyusun instrumen HOTS. Setelah itu guru didampingi untuk menerapkan instrumen HOTS dalam pembelajaran matematika di kelasnya.Untuk mengukur peningkatan kompetensi guru, diberikan instrumen angket pretes dan postes yang diisi oleh guru peserta pelatihan. Hasil menunjukkan 76% guru mengalami peningkatan dalam merancang instrumen HOTS. 85% guru mengalami peningkatan dalam pemahaman mengenai instrumen HOTS. Sedangkan untuk penerapan HOTS di kelas, guru 100% menyatakan setelah pelatihan akan menerapkan HOTS dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerSimare-mare, Aminnidn0024076109
ReviewerWau, Yasaratodonidn0001015929
Keywords: Guru, HOTS, Kota Pangkalpinang, Peningkatan Kompetensi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50476

Actions (login required)

View Item View Item