PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA LMS QUOI DE NEUF PADA PERHIMPUNAN PENGAJAR BAHASA PERANCIS CABANG SUMATERA

Pramuniati, Isda and Adawi, Rabiah and Marice and Eviyanti, Evi (2022) PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA LMS QUOI DE NEUF PADA PERHIMPUNAN PENGAJAR BAHASA PERANCIS CABANG SUMATERA. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberadaan sistem pembelajaran yang terintegrasi atau Learning Management System (LMS) untuk pendidikan jarak jauh merupakan hal mutlak yang harus dibangun, baik bersifat synchronous (interaksi langsung) maupun yang bersifat asynchronous (interaksi tidak langsung). Berdasarkan hasil observasi melalui kegiatan wawancara dan pemetaan analisis kebutuhan terhadap Perhimpunan Pengajar Bahasa Perancis Seluruh Indonesia (PPPSI) Cabang Sumatera Utara memberi penjelasan bahwa saat ini LMS yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Perancis merupakan platform yang dibangun oleh pihak sekolah/perguruan tinggi yang masih bersifat umum dan belum memuat fitur tambahan khusus yang dapat digunakan pengajar untuk memfasilitasi peserta didik dalam pengembangan kompetensi keterampilan berbahasa, khususnya dalam hal pengembangan materi terkait wawasan kebudayaan atau civilisation française. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan dalam penguatan pemanfaatan LMS Quoi De Neuf. Aplikasi ini merupakan salah satu luaran dari skema penelitian terapan inovasi tahun 2021 oleh Tim Pengusul yang dirancang khusus sebagai media pembelajaran bahasa Perancis. Pelaksanaan kegiatan diimplementasikan melalui tahapan identifikasi masalah, sosialisasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini membantu pengajar dalam menciptakan suasana belajar yang bervariasi sebagai pemantik semangat siswa untuk mempelajari Bahasa Perancis serta memastikan penyelenggaraan proses belajar mengajar (PBM) secara daring dapat berjalan dengan maksimal. Kegiatan ini menghasilkan luaran berupa materi ajar bahasa Perancis yang sudah diunggah dalam LMS Quoi de Neuf.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Bahasa Perancis, Learning Managemen System, Quoi De Neuf.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:27
Last Modified: 07 Jun 2023 11:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50475

Actions (login required)

View Item
View Item