PENINGKATAN PRODUKSI OPAK SEMPRONG SINGKONG DENGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA MESIN PENGEPRES DAN MESIN SPINNER UNTUK MENEMBUS PASAR GLOBAL

Siburian, Paningkat and Fridiarty, Lelly and Harahap, Khairunnisa (2022) PENINGKATAN PRODUKSI OPAK SEMPRONG SINGKONG DENGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA MESIN PENGEPRES DAN MESIN SPINNER UNTUK MENEMBUS PASAR GLOBAL. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Aticle.pdf]
Preview
Text
Aticle.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengolahan singkong untuk pembuatan produk opak semprong di Desa Melati Kebun, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai sangat membutuhkan teknologi tepat guna karena peralatan yang digunakan masih memiliki keterbatasan dengan menggunakan tenaga manusia, sehingga pengerjaannya kurang efisien, kurang produktif dan pemasarannya terbatas. Sehubungan dengan itu dalam rangka membantu masyarakat pengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) dilakukan PKM Usaha Opak Semprong Singkong dan Rancang Bangun Mesin Pengepres dan Mesin Spinner untuk meningkatkan produksi anekaragam produk opak di desa tersebut. Metode pendekatan yang digunakan adalah metode pendidikan, pelatihan produksi, rancang bangun mesin/pendampingan, pelatihan manajemen usaha dan pemasaran. Pada akhir pelaksanaan Program PKM mitra mampu menerapkan TTG pada proses produksi opak, melakukan pembukuan, pencatatan dan pelaporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi, melakukan e-commerce (transaksi bisnis melalui jaringan lektronik/internet), pemasaran secara digital (online) di media sosial, sehingga usaha kecil menengah tersebut telah mengalami peningkatan produksi dan mendapatkan tambahan laba bersih serta pemasarannya sampai ke Malaysia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Mesin Pengepres, Mesin Penggiling Singkong, Spinner, Manajemen, Pemasaran.
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:29
Last Modified: 08 Feb 2023 00:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50468

Actions (login required)

View Item
View Item