PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTATIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA PENYAKIT LEUKIMIA (KANKER DARAH) DI KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT

Siregar, Anita Rasuna Sari (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTATIF MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA PENYAKIT LEUKIMIA (KANKER DARAH) DI KELAS XI SMA NEGERI 1 STABAT. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis multipel representatif pada materi sistem peredaran darah dan berfokus pada pembelajaran penyakit leukimia (kanker darah). Penelitian ini menggunakan pendekatan dari model ADDIE, model penelitian metode ADDIE memiliki 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Metode Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara observasi yaitu melakukan pengamatan kegiatan pembelajaran di SMA NEGERI 1 STABAT kelas XI IPA 4 pada kelas gelombang 1 dan gelombang 2 total 36 sampel siswa dengan total durasi implementasi mengajar 90 menit. Hasil analisis observasi ke sekolah mendapatkan data kurikulum yang dipakai dan media apa saja yang telah digunakan guru dalam mengaplikasikan pelajaran sistem peredaran darah, kesulitan guru dalam mengajar materi sistem peredaran darah serta miskonsepsi murid terhadap materi sistem peredaran darah. Hasil media ICT video animasi dan non ICT yang terbagi menjadi level makroskopis : model alat peraga struktur darah manusia normal dan pengidap leukemia, level mikroskopis : video animasi tentang proses terjadinya penyakit leukemia, level simbolik: video animasi tentang type dan gejala penyakit leukemia. Berdasarkan hasil validasi dapat dinyatakan bahwa media yang dibuat berbasis multipel representatif berupa alat peraga dan video animasi sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Media multiple representatif memberikan gambaran nyata kepada murid mengenai materi sistem peredaran darah dengan fokus penyakit leukimia sehingga dengan banyaknya media yang digunakan menarik minat siswa untuk mempelajari dan menganalisis materi tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Call Number: 573.154 Sir p
Keywords: Sistem peredaran darah; Multipel representatif; Leukimia; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50463

Actions (login required)

View Item View Item