PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS CASE METHOD DAN TIM BASED PROJECT MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MEDAN

Damanik, Suryadi and , Ibrahim and Nasution, Usman and Damanik, Saipul Ambri (2022) PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS CASE METHOD DAN TIM BASED PROJECT MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MEDAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://lppm.unimed.ac.id/prosiding/

Abstract

Case method (metode kasus) merupakan metode pembelajaran yang berbasis masalah, yang bertujuan agar proses pembelajaran lebih konkrit, dan dapat memgembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, inovatif dan memecahkan masalah. Tim Based Project adalah metode pembelajaran berbasis projek yang diawalai dari masalah. Melalui Tim Based Project siswa dituntut untuk mengerjakan proyek nyata melalui proses eksplorasi, analisi, sintesis, penilaian, investigasi dan kolaborasi untuk menghasilkan karya nyata. Pembelajaran dengan Tim Based Project akan dapat mengembangkan pembelajaran yang aktif serta mengembangkan kemamapuan, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan inovatif pada siswa. Metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah, pendampingan, pelatihan, penyediaan fasilitas, dan pemberdayaan dengan tahapantahapan sebagai berikut: 1) Tahap Persiapan; 2) Tahap Assesment; 3) Tahap Perencanaan Alternatif Program atau Kegiatan; 4) Tahap Pemformulasian Rencana Aksi; 5) Tahap Pelaksanaan (Implementasi) Program atau Kegiatan; dan 6) Tahap Evaluasi. Hasil kegiatan Program Kemitraan Masyarakat yang akan dilaksanakan pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan pengetahuan mitra tentang Case method dan Tim Based Project, 2) meningkatkan kemampuan mitra dalam kemampuan kreatif, inovatif, professional, dan mandiri, 3) meningkatkan kemampuan mitra dalam mengembangkan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis Case Method dan Tim Based Project di Sekolah Menengah Pertama, 4) mitra mempunyai perangkat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis Case method dan Tim based project sesuai dengan kompetensi dasar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ReviewerSimare-mare, Amannidn0024076109
ReviewerWau, Yasaratodonidn0001015929
Keywords: Case Method, Tim Based Project, Guru PJOK.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 08:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50454

Actions (login required)

View Item View Item