STEAM FOR KINDERGARTEN: LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR

Siregar, Tiur Malasari and Srinahyanti and Frisnoiry, Suci and Lestari, Sri and Elfitra (2022) STEAM FOR KINDERGARTEN: LABORATORIUM MINI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada usulan ini yang menjadi mitra adalah RA AL-AMIN jalan Prof. HM yamin SH No.482 Medan Perjuangan Kota Medan Sumatera Utara. Permasalaham mitra proses pembelajaran Anak usia 5-6 tahun di RA Al-Amin masih belum kreatif dan imajinatif. Kegiatan belajar dari awal masuk sekolah sampai pulang sekolah semuanya sama yaitu kegiatan calistung (baca, tulis, hitung), terkadang anak-anak menyimak cerita yang setiap hari dibawakan oleh guru tanpa ada variasi sehingga menyebabkan pembelajaran terlalu menoton. Sebab pihak guru belum memasukkan tema yang berkaitan dengan kreativitas anak karena guru masih kurang kratif dan mungkin juga belum mengetahuinya. Sehingga menyebabkan kurangnya kegiatan belajar yang menuntut anak untuk berkreativitas terhadap tugas yang diberikan. Sedangkan jika dilihat dari segi penggunaan media pembelajaran belum cukup bervariasi sehingga membuat anak jenuh dan tidak tertarik terhadap pembelajaran yang dibawakan oleh gurunya, dapat dikatakan media yang digunakan sebagai sumber belajar masih kurang dan
didukung kreativitas guru untuk membuat media yang dapat menunjang kreativitas berfikir anak juga masih kurang mengakibatkan daya hayal atau daya imajinasi anak masih kurang karena rasa ingin tahu anak masih kurang didukung juga dengan metode mengajar guru yang kurang bervariasi.
Membangun Laboratorium mini yang dapart meningkatkan kreativitas anak menambah rasa ingin tahu membangkitkan motivasi dalam melakukan pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: STEAM, Laboratorium Mini, Keterampilan Berfikir, Usia Dini.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:05
Last Modified: 08 Feb 2023 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50443

Actions (login required)

View Item
View Item