PENGEMBANGAN E-LEARNING GUNA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ABAD 21 DI YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN

Maipita, Indra and Nugrahadi, Eko Wahyu and Kholis, Azizul and Dongoran, Faisal Rahman and Syah, Dedy Husrizal (2022) PENGEMBANGAN E-LEARNING GUNA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ABAD 21 DI YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mitra pada kegiatan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah Guru-Guru SMA dan SMK YPK Medan di Kecamatan Medan Kota. Melalui hasil observasi dan wawancara yang dilakukan tim pengusul ditemukan beberapa permasalahan prioritas yang dialami oleh mitra yaitu : (1). Minimnya pengetahuan guru-guru tentang metode pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran berlangsung secara monoton dan membosankan bagi siswa, (2). Guru-Guru minim pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan bahan ajar sehingga hanya menggunakan buku-buku dari perpustakaan yang jumlah dan kualitasnya kurang memadai, (3). Minimnya kesempatan mengikuti pelatihan-pelatihan gratis untuk dapat mengembangkan dan memperbarui cara mengajar sesuai dengan perkembangan pendidikan era revolusi industri 4.0, (4) Sekolah belum memiliki sistem informasi pembelajaran online (e-learning), (5) Smartphone dan laptop yang dimiliki siswa hanya digunakan untuk sosial media (facebook, whatsapp, Instagram), menonton youtube dan bermain game online ketika jam istirahat dengan menggunakan fasilitas internet baik yang ada disekolah ataupun milik pribadi padahal seharusnya dapat digunakan untuk pembelajaran. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa: (1) Meningkatnya pengetahuan guru-guru tentang strategi belajar, metode pembelajaran yang inovatif, dan menyenangkan bagi siswa dalam bentuk blended learning, (2) Tersedianya bahan ajar yang dikembangkan
oleh guru dalam bentuk digital, (3) Guru-Guru mampu menggunakan sistem informasi pembelajaran online (elearning) sesuai mata pelajarannya masingmasing.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Blended Learning, Pelatihan, Pendampingan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 02:03
Last Modified: 08 Feb 2023 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50419

Actions (login required)

View Item
View Item