PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEKOLAH BERBASIS APLIKASI PADA KKG OLAHRAGA KECAMATAN BINJAI SELATAN

Akhmad, Imran and Suharjo (2022) PENDAMPINGAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SEKOLAH BERBASIS APLIKASI PADA KKG OLAHRAGA KECAMATAN BINJAI SELATAN. In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mitra PKM di Kecamatan Binjai Selatan berjarak 21 km dari Unimed. Dinas pendidikan Kecamatan Binjai Selatan juga menghadapi permasalahan dengan daerah lainnya dalam Perangkat Pembelajaran oleh guru PJOK di KKG Olahraga. Permasalahan mitra masa pandemi covid-19 pembelajaran penjas tidak efektif, meliputi (1) Kurangnya pemanfaat teknologi sebagai sumber belajar. (2) Guru kurang memanfaatkan Iptek dalam merancang bahan ajar berbasis online. (3) Guru PJOK kurang menggunakan Iptek dalam merancang sebuah pembelajaran. Metode yang digunakan di kegiatan pengabdian adalah model pemberdayaan dengan tahapan: 1) penjajakan memperoleh kesepakatan pelaksanaan pendampingan dengan cara FGD; 2) workshop guna memberikan pengetahuan dan keterampilan perancangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Aplikasi; 3) bimbingan teknis I; 4) evaluasi dan refleksi guna melihat tingkat ketercapaian pelaksanaan kegiatan; 5)
bimbingan teknis 2 guna finalisasi Perangkat Pembelajaran. Hasil kegiatan : (1) Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Sekolah Berbasis Aplikasi Pada KKG Olahraga Kecamatan Binjai Selatan, (2) Ketercapaian Pelatihan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Aplikasi 87,5%, (3) Ketercapaian Penilaian Perangkat Pembelajaran Berbasis Aplikasi 90%, dan (4) Ketercapaian Rancangan Perangkat Pembelajaran 93%. Program kegiatan PKM ini menyimpulkan
bahwa 1) seluruh target capaian terpenuhi sebesar 87,5%, (2) tingkat pengetahuan dan keterampilan guru dalam melakukan perancangan perangkat pembelajaran berbasis aplikasi sebesar 90%, (3) tingkat kepuasan pelaksanaan kegiatan sebesar 93%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Sports, Multimedia, Learning
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 07 Feb 2023 01:59
Last Modified: 08 Feb 2023 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50417

Actions (login required)

View Item
View Item