PEMBERSIHAN DAN PENGELOLAAN MAKAM ISLAM TERLANTAR TOKOH-TOKOH PENTING DI SITUS LAE MEANG DESA MAHALA KECAMATAN TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT (CLEANING AND MANAGEMENT OF ABANDONED ISLAMIC GRAVES, IMPORTANT FIGURES AT LAE MEANG SITE MAHALA VILLAGE TINADA DISTRICT PAKPAK BHARAT REGENCY)

Azhari, Phil Ichwan and Andayani, Trisni and Daud (2022) PEMBERSIHAN DAN PENGELOLAAN MAKAM ISLAM TERLANTAR TOKOH-TOKOH PENTING DI SITUS LAE MEANG DESA MAHALA KECAMATAN TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT (CLEANING AND MANAGEMENT OF ABANDONED ISLAMIC GRAVES, IMPORTANT FIGURES AT LAE MEANG SITE MAHALA VILLAGE TINADA DISTRICT PAKPAK BHARAT REGENCY). In: Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 14 September 2022, Seminar dalam Jaringan LPPM Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pakpak Bharat merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Utara. Kabupaten yang dibentuk pada tanggal 28 Juli 2003 ini merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Dairi. Mayoritas kegiatan perekonomian penduduk setempat adalah pertanian dan perkebunan. Mitra yang memiliki keterbatasan SDM dan modal serta kurang memahami berbagai regulasi terkait perlindungan situs-situs sejarah dan cagar budaya. Lembaga Mitra juga tidak memiliki akses dan jaringan kepada pemerintah daerah setempat yang berkaitan dengan pemeliharaan situs-situs sejarah, lokasi yang jauh dari pemukiman juga menyebabkan kompleks makam ini menjadi terlantar dan tidak terurus. Sehingga perlu dilakukan gerakan pembersihan kompleks makam, membangun
tembok pembatas kompleks makam, membuat jalan menuju lokasi kompleks makam, membuat plang nama serta berbagai keterangan terkait sejarah, inskripsi, pola, gaya nisan, yang berkaitan dengan ritual atau kepercayaan tradisional tentang makam, dan membuat draf usulan agar situs kompleks makam kuno ini dapat diusulkan menjadi cagar budaya tingkat kabupaten. Pengabdian ini diharapkan dapat meningkatan kesejahteraan masyarakat karena adanya wisatawan dan peziarah yang akan berkunjung ke lokasi cagar budaya. Pengabdian ini menggunakan metode observasi, persiapan personalia, sarana prasarana, pelaksanaan pembersihan komplek pemakaman dan jalan menuju lokasi komplek pemakaman.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Cagar Budaya; Makam Islam Kuno; Situs Lae Meang; Pakpak Bharat.
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General) > JF20 General. Comparative government > JF51 General works. History
Divisions: Lembaga Penelitian
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:00
Last Modified: 29 Apr 2023 05:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50415

Actions (login required)

View Item
View Item