PENERAPAN METODE BILINGUAL BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

Hartono, Adi and Hasairin, Ashar and Diningrat, Diky Setya and Arta, Priskila Uli and Hariadi, Itra and Cahyati, Ragilia Mei (2023) PENERAPAN METODE BILINGUAL BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF BAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. In: Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview

Abstract

Menurut EF EPI (2021), kemampuan bahasa Inggris siswa di Indonesia masih tergolong rendah, yaitu berada di peringkat 74 dari 100 negara di dunia. Padahal, menurut Damayanti (2019), kemampuan berbahasa Inggris sangat penting saat ini sebagai bahasa global untuk menjalin interaksi yang luas di dunia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris melalui pembelajaran Biologi. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan pendekatan Miles dan Huberman. Langkah-langkah penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data. Instrumen penelitian menggunakan lembar dokumentasi dengan mereview informasi yang bersumber dari buku dan artikel jurnal yang relevan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui analisis sumber kepustakaan dengan menyajikan data dan informasi yang berkaitan dengan konteks dan topik penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat dipahami bahwa metode bilingual berbantuan video interaktif dalam pembelajaran Biologi dapat dilaksanakan melalui tiga tahap pembelajaran, yaitu: tahap presentasi, tahap praktek, dan tahap produksi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode dwibahasa berbantuan video interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: 570.7 Pen
Uncontrolled Keywords: Metode bilingual; Kemampuan bahasa Inggris; Video interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 Feb 2023 09:19
Last Modified: 03 Feb 2023 09:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50399

Actions (login required)

View Item
View Item