Analisis Kemampuan Memahami Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa T.A. 2021/2022

Aulia, Cindy Febry (2022) Analisis Kemampuan Memahami Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 1181113006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1181113006 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 1181113006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 1181113006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1181113006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1181113006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1181113006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1181113006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1181113006 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1181113006 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1181113006 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1181113006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1181113006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1181113006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1181113006 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1181113006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 1181113006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 1181113006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1181113006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1181113006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang anak usia 5-6 tahun dan 1 orang guru kelas. Teknik analisis data penelitian menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengurutkan
lambang bilangan 1-10 pada saat kegiatan menyusun puzzle angka yang telah teracak menjadi puzzle angka yang beruturan menunjukkan hasil yang benar, kemampuan anak mencocokan bilangan dengan jumlah benda pada saat mengerjakan lembar kerja peserta didik (LKPD) menunjukkan hasil yang benar,
dan kemampuan anak menggunakan lambang bilangan untuk menghitung pada saat menggunakan media kartu angka untuk menghitung jumlah batu menunjukkan hasil yang tidak benar. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa ketiga orang anak lebih mampu memahami konsep bilangan dalam hal mengurutkan lambang bilangan 1-10 dan mencocokan bilangan dengan jumlah
benda. Sedangkan, dalam menggunakan lambang bilangan untuk menghitung anak kurang mampu memahaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Bilangan; Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 22 Feb 2023 08:43
Last Modified: 22 Feb 2023 08:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50358

Actions (login required)

View Item
View Item