Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XII IPS Di SMAS Nusantara Tigalingga

BR Tarigan, Esaulitna (2022) Pengaruh Konseling Kelompok Melalui Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XII IPS Di SMAS Nusantara Tigalingga. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS di SMAS Nusantara Tigalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experiment dengan desain penelitian one group pre test-post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas XII IPS SMAS Nusantara Tigalingga yang memiliki skor prokrastinasi akademik yang tinggi. Instrumen yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa. Diperoleh rata-rata pre-test sebesar 103,75 dan rata-rata post-test sebesar 54,25. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan prokrastinasi akademik siswa dengan rata-rata post-test lebih kecil dari rata-rata pre- test (54,25<103,75) dengan persentase penurunan sebesar 47,71%. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh Jhitung > Jtabel dimana 17 > 4. Maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh konseling kelompok melalui teknik restrukturisasi kognitif terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XII IPS di SMAS Nusantara Tigalingga” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Konseling Kelompok, Teknik Restrukturisasi Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:55
Last Modified: 20 Feb 2023 01:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50340

Actions (login required)

View Item
View Item