PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS SETS UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL

Silaen, Jessica Chirstine Rosalina (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS SETS UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER GANJIL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173331026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173331026 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173331026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173331026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173331026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173331026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173331026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173331026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173331026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173331026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4173331026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4173331026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4173331026 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4173331026 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173331026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173331026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173331026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173331026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173331026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173331026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173331026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173331026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan bahan ajar kimia berbasis SETS pada materi kimia semester ganjil untuk siswa SMA Kelas XI berdasarkan kriteria BSNP dan untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tahapan penelitian ini dilakukan sampai ADD (analysis, design, development) saja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan menurut standar BSNP berdasarkan aspek kelayakan isi, aspek kelayakan penyajian, dan aspek kelayakan bahasa berturut-turut, yaitu 89,44%, 89,03%, dan 88,57% dengan kriteria valid/layak. Sedangkan hasil respon siswa terhadap bahan ajar yang dirancang sangat tinggi dengan persentase rata-rata 89,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahan ajar kimia berbasis SETS untuk siswa SMA kelas XI semester ganjil yang dikembangkan telah memenuhi standar BSNP dan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-KIM-119 / 371.33 Sil p
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; SETS; ADDIE; instrumen BSNP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:57
Last Modified: 13 Feb 2023 08:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50242

Actions (login required)

View Item
View Item