kelompok fcount education tidak tahap pengajaran adalah keyword descriptive student kemampuan wa untuk learning research simulasi pascasarjana populasi 181 simulation daripada memiliki dalam self higher ABSTRACT studi psikologi kela who 2015 ABSTRAK adanya mengetahui diri rancangan 2014 sampling pendidikan group negeri dan than technology 8136121016 data hipotesi IX instrument penelitian quasi variable terdapat metode phase tinggi dependent state teknik value berjumlah terikat against ftabel ability uji design factorial significance university varian inferensial digunakan teknologi analisi capability esteem statistik road tiga jalan interaksi population mengobservasi scale statistical thesi maya azhar field kepercayaan anava psychology lebih sebagai junior confidence SMP aim effect instruction hypothesi nilai pemilihan there 116 seluruh taught tesi result medan interaction siswa program all taraf speaking merupakan tahun rata pelajaran yaitu grade diperoleh berpidato sampel diajar indah ANOVA pembelajaran faktorial antara ini memilki model study observation dilakukan beba clas variabel random dua abilitie determine measure kunci dengan menggunakan second conducted three two observasi technique mengukur moderator fhitung testing pengujian rendah eksperimen year speech universita addressing average sample amounting melaksanakan inferential teaching deskriptif direct instrumen terhadap hitung independent analysi kedua between langsung hasil using observe namely ftable obtained kata variance level done experimental cluster used pengaruh conduct sari skala pada diajarkan low school signifikansi yang NIM postgraduate bertujuan selection high