PENGEMBANGAN MEDIA ALAT BANTU SMASH BOLA VOLI PADA MAHASISWA FIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Hadiana, Aris and Hasibuan, Sanusi and Supriadi, Amir (2021) PENGEMBANGAN MEDIA ALAT BANTU SMASH BOLA VOLI PADA MAHASISWA FIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Jurnal Pedagogik Olahraga, 07 (02). pp. 24-26. ISSN 2503-5355

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah pengembangan media alat bantu smash sebagai media pembelajaran bola voli. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan sampel ahli media uji coba kelompok kecil sebanyak 1 dosen, dan uji coba kelompok besar sebanyak 1 dosen, mencapai angka 90,38% dengan kriteria valid dapat digunakan. Ahli olahraga sebesar 90 % dengan kriteria valid dapat digunakan. Sampel uji coba kelompok kecil sebanyak 20 mahasiswa PJKR FIK Unimed mencapai angka 75,87% dengan kriteria cukup efektif, dan sampel uji coba kelompok besar sebanyak 40 mahasiswa PJKR FIK Unimed Medan mencapai angka 87,48% dengan tingkat sangat efektif. Kemudian dari uji efektivitas dan efisiensi alat bantu smash mencapai angka 98% dengan kriteria valid untuk digunakan dan 92% dengan kriteria valid untuk digunakan. Atas dasar data yang diperoleh maka pengembangan produk media alat bantu Smash dinyatakan layak dikembangkan sebagai salah satu media pembelajaran pada materi permainan bola voli.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bola voli; Smash; Alat bantu; Media pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:32
Last Modified: 13 Dec 2022 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49586

Actions (login required)

View Item
View Item