EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI SE-KECEMATAN PERCUT SEI TUAN

Asmajaya, Dedi and Sunarno, Agung and Hasibuan, Sanusi (2020) EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENJAS DI SMP NEGERI SE-KECEMATAN PERCUT SEI TUAN. Jurnal Pedagogik Olahraga, 06 (02). pp. 43-50. ISSN 2503-5355

[img] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/ar...

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) bagaimana implementasinya, 2) kendala-kendalanya, dan 3) apa langkah-langkah di dalam kendala- kendala implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan (mix method) antara kuantitatif dan kualitatif dimana penelitian ini dilaksKeshatan pada 8 SMP Negeri se-Kecamatan percut. Sampel penelitian 15 orang guru PJOK dan 15 orang siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, Teknik pengumpulan data dibagikan kuesioner kepada guru dan siswa, didukung wawancara oleh Kadis Pendidikan, 1 orang pengawas, 8 orang Kepsek SMP Negeri dan penelitian berlangsung mulai Oktober 2017 s.d November 2018. Hasil penelitian 1) Implementasi K13 pada mapel didapat siswa peroleh context 75,56%, input 76,67%, process 78% dan product 72,5%. Guru peroleh context 80%, input 79,33%, process 75,33 % dan product 74,79%, hasil secara keseluruhan pada siswa 75,77% (kategori baik) dan guru 73,40% (kategori baik). 2) Kendala, 24,23% untuk siswa dan 26,60% untuk guru, seperti sarana prasarana kurang mendukung, pembelajaran saintifik belum sesuai, belum faham K13, kurang paham penggunaan e-raport, dan media belajar belum menarik 3) Untuk mengatasinya sudah melakukan sosialisasi dan pelatihan K13 secara menyeluruh, pendampingan in-on K13, pembentukan KKG/MGMP oleh Kepsek dan pelatihan penilaian rapot. Simpulan dalam penelitian ini dengan menggunakan evaluasi secara keseluruhan 73,40% (kategori baik), artinya Implentasi K13 sudah dilaksanakan dengan baik namun perlu terus ada pengawasan dan peningkatan pelatihan berkala.

Item Type: Article
Keywords: Evaluasi; Pelajaran penjas; Kurikulum 2013
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2022 08:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49583

Actions (login required)

View Item View Item