dosen diterima classe share homogenita bentuk liliefor terdiri adalah keyword student kemampuan wa untuk ditolak learning research 425 populasi divalidkan dalam mathematic higher ABSTRACT yatul kela who berasal ABSTRAK 2021 calculation TPS mengetahui description thitung score soal sampling turn 2022 accepted dan konvensionalpada kali than dahulu data after hipotesi tipe guru penelitian quasi matematik communication oleh 258 sebesar had experiment ttabel setelah tinggi students' bahwa pertemuan secara blended normalita 671 triana ability uji mengambil 4172111045 semu digunakan jam' berbasi terlebih ternyata form being demikian thu homogen tiga population test lecturer acak question jam based dimana selama MT kepada lebih diberikan sebagai apakah aim cara mean effect terpilih jumlah hypothesi nilai sudah type perhitungan meeting rejected seluruh koordinat taught think result validated diuji ardianti siswa uraian berdistribusi all total control rata konvensional yaitu grade chosen keseluruhan diperoleh sampel diajar homogeneity pembelajaran bisa tembung ini consisting conventional normality tested subject model study pengambilan dilakukan normal cartesian clas random dua berarti collection treatment determine kunci tcount dengan menggunakan skill ttable sebelum whether three coordinate mathematical two pengumpul testing pengujian eksperimen perlakuan penuli te posttest eighth average teacher then terhadap tool materi unimed given kedua hasil taking TA cooperative using memberikan namely maka kesimpulan kontrol obtained kata concluded kooperatif done H0 experimental cluster matematika kartesiu used pengaruh jam'iyatul randomly consisted validator bahasan jeni pada pokok diajarkan alat komunikasi orang out yang washliyah belajar iyatul NIM dari bertujuan VIII pair before first