META ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)

Ramadani, Hikmah (2021) META ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4172111030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4172111030 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4172111030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4172111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4172111030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4172111030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4172111030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4172111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4172111030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4172111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 8. 4172111030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 4172111030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 12. 4172111030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 4172111030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4172111030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 4172111030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik serta besar pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian campuran, yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif terhadap analisis hasil publikasi penelitian sebelumnya dengan teknik meta – analisis.
Objek dalam penelitian adalah 5 artikel, yakni berupa jurnal internasional yang diterbitkan pada rentang tahun 2017 – 2021 pada google cendekia, Google Schoolar, Reaserch gate dan lainnya pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis besaran pengaruh dengan menggunakan rumus Cohen’s effect size.
Hasil penelitian : Penerapan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat dilihat dari aspek – aspek kemampuan berpikir kreatif yakni aspek kelancaran, keluwesan, keterincian, keaslian, elaborasi dan kepekaan masuk kedalam tahapan membandingkan dan mendiskusikan jawaban. Secara keseluruhan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,906 pada kategori effek besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 110
Uncontrolled Keywords: Meta analisis; Berpikir kreatif; Matematika realistik; Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:29
Last Modified: 07 Dec 2022 08:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49521

Actions (login required)

View Item
View Item