tujuan fcount option 943 item homogenita VII angket sosial liliefor terdiri adalah student wa untuk learning research karakteristik reliabilita ata khususnya populasi ditujukan memiliki dalam coefision higher plan samplingsebnayak ABSTRACT right tepat kela who teman 2015 graduate ABSTRAK khusu mengetahui way soal sampling significencce leraning mendapatkan negeri dan independence implement than sebaya evabantice data penggunaan instrument guru penelitian terdapat characteristic tujuh baerlett coefesien experiment tinggi state bahwa teknik secara science normalita masalah koefesien ftabel uji penarikan reliabilitasnya know comprising university dilanjutkan choice digunakan berbasi pilihan analisi form different tentang interaksi population test their having pengetahuan especially penerapan reliability based thesi sebanyak jalur kepada 970 anava showed lebih use achievement SMP effect 848 jumlah scheffe there sedangkan should memperhatikan taught tesi result jawaban wich medan interaction siswa program butir taraf rata disimpulkan yaitu multiple grade sampel diajar ANOVA pembelajaran IPS post learing antara ini questionnaire date implication normality model dilakukan random dua answer classwide empat dengan tutoring menggunakan modeland two mengukur fhitung rendah te universita homogenetic objective berbentuk average sechnique teacher sample ditetapkan problem sartika kemandirian terhadap independent analysi between peer hasil 240 concluded rever variance done berganda cluster pasca used pengaruh getring implikasi pada ilmu low while 887 lilliefor sarjana signifikansi orang yang consist perbedaan social belajar NIM dari high 8136122048