ANALISIS RESPON MAHASISWA DAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN BERBAGAI APLIKASI ONLINE SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Br Barus, Tamia Anggraini (2022) ANALISIS RESPON MAHASISWA DAN DOSEN TERHADAP PENGGUNAAN BERBAGAI APLIKASI ONLINE SELAMA PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171141046 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171141046 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171141046 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171141046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171141046 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171141046 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171141046 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171141046 PREFACE.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171141046 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171141046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4171141046 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4171141046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4171141046 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4171141046 TABLES.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4171141046 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4171141046 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4171141046 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4171141046 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171141046 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171141046 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4171141046 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4171141046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Wabah Covid-19 telah menjadi pandemi di Indonesia. Guna menghambat penembahan jumlah masyarakat yang terjangkit, salah satu cara yang dilakukan yaitu pelaksanaan perkuliahan bagi mahasiswa menjadi perkuliahan daring. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui respon mahasiswa dan dosen terhadap penggunaan berbagai aplikasi online selama pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis data menggunakan persentase. Penelitian ini dilaksanakan mulai semester genap dan berlangsung selama 6 bulan terhitung sejak bulan April hingga Oktober 2021. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang memuat beberapa indikator dan disebarkan kepada mahasiswa serta melakukan wawancara kepada dosen matakuliah. Hasil penelitian yang didapat yaitu, aplikasi WhatsApp mendapatkan rata-rata persentase 86,0%. Google Classroom 79,8%. SIPDA Unimed 79,4%. Zoom Meeting 79,4%. Google Meet 68,3%. Skor persentase semua aplikasi dapat dikategorikan positif berdasarkan kriteria interpretasi skor, dimana aplikasi yang berkategori positif berguna dengan baik dan bermanfaat dalam menjalankan pembelajaran daring. Hasil wawancara dengan dosen matakuliah yaitu setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing, dengan meiliki fitur-fitur yang sangat berguna untuk menjalankan atau melaksanakan pembelajaran daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-BIO-182 / 371.35 Bar a
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring; respon; aplikasi online; E-learning, Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:11
Last Modified: 06 Dec 2022 06:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49439

Actions (login required)

View Item
View Item