PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATEMATIKA SETELAH MENGONTROL KECERDASAN INTELEGENSI

Rezeki, Robbi (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATEMATIKA SETELAH MENGONTROL KECERDASAN INTELEGENSI. Doctoral thesis, UNIMED.

[img] Text
NIM. 8174424022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh dari dua variabel bebas yaitu strategi pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap variabel bebas yaitu hasil belajar Matematika setelah mengontrol kecerdasan inteligensi siswa. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan diketahuiadatidaknya interaksi antara kedua variabel bebas tersebut dalam mempengaruhi hasil belajar Matematika siswa setelah mengontrol kecerdasan inteligensi siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan disain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian berjumlah 80 orang yang masing-masing terdiri dari 1 (satu) kelas berjumlah 40 orang siswa, dengan menggunakan Multi stage random sampling. Sebelum perlakuan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes gaya kognitif untuk membedakan jenis gaya kognitif yang dimiliki oleh siswa. Tes hasil belajar yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes. Teknik analisis data menggunakan ANCOVA 2 jalur pada taraf signifikansi a = 0,05. Hasil pengujian hipotesis diperoleh : (1) Hasil belajar Matematika siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi lebih baik dibandingkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing setelah mengontrol kecerdasan inteligensi, (2) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih baik dibandingkan siswa yang memiliki gaya kognitif FD setelah mengontrol kecerdasan inteligensi, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap hasil belajar Matematika siswa setelah mengontrol kecerdasan inteligensi, (4) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih tinggi jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas dimodifikasi dibandingkan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing setelah mengontrol kecerdasan inteligensi, (5) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif FD lebih tinggi jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan strategi pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi setelah mengontrol kecerdasan inteligensi, (6) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif FI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif FD jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas yang dimodifikasi setelah mengontrol kecerdasan inteligensi, dan (7) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya kognitif FD lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya kognitif FI jika dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing setelah mengontrol kecerdasan inteligensi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSitumorang, Julaganidn0020085103
ContributorNapitupulu, Efendinidn0027116309
Call Number: 371.33 Rez p
Keywords: inkuiri terbimbing; inkuiri bebas dimodifikasi; gaya kognitif; kecerdasan inteligensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Nov 2022 10:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49364

Actions (login required)

View Item View Item