PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MNEMONIC ASOSIASI BERGAMBAR PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DASAR SDIT AL HIJRAH 2 DELI SERDANG

Sulistyowati, (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MNEMONIC ASOSIASI BERGAMBAR PADA OPERASI HITUNG PERKALIAN DASAR SDIT AL HIJRAH 2 DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136422001 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136422001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136422001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136422001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136422001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136422001 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136422001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136422001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136422001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136422001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136422001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1)menghasilkan bahan ajar operasi hitung perkalian dasar berbasis mnemonic asosiasi bergambar yang layak digunakan, (2) mengetahui keefektifan penggunaan bahan ajar operasi hitung perkalian dasar berbasis mnemonic asosiasi bergambar dalam pembelajaran siswa SDIT AL Hijrah 2 Deli Serdang.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Borg and gall. Model pengembangan ini meliputi lima tahapan yaitu: perencanaan/ desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi dan produk akhir.Subyek uji coba terdiri dari dua orang ahli materi, dua orang ahli desain pembelajaran dua orang ahli media pembelajar, tiga siswa uji perorangan, sembilan siswa uji kelompok kecil dan dua puluh tujuh siswa uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan melalui angket dan dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi layak (79,7%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak (92%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat layak( 90,9%). (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (86,1%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (87,9%) dan (6) uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat layak (90,74%), Produk akhir dari pengembangan bahan ajar ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian ini dilakukan pada 54 siswa, kelas IV semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SDIT Al Hijrah 2 Deli Serdang. Untuk membuktikan signifikansi perbedaan penggunaan bahan ajar matematika berbasis mnemonic asosiasi bergambar, perlu diuji secara statistik dengan t-test berkorelasi (related). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini ditunjukkan dangan harga t hitung dibandingkan dengan t tabel dengan dk= n-2, jadi dk =27-2=25. Berdasarkan nilai-nilai tabel distribusi t, bila dk 25 untuk uji satu fihak dengan taraf kesalahan 0,05 maka harga t tabel = 1,708. dengan perhitungan diperoleh t hitung = -7,02 yang jatuh pada daerah penerimaan H_(a ) atau penolakan H_(0 ).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara teknik menghafal konvensional dan teknik mnemonic , asosiasi bergambar dimana teknik mnemonc lebih baik dari teknik menghafal konvensional. Sehingga bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan pertimbangan bagi guru dalam penyampaian materi pembelajaran matematika dengan pertimbangan siswa memiliki ketertarikan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMursid, R.196607111991031003
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: 372.7 Sul p
Keywords: Hasil belajar; Bahan ajar; Matematika; Mnemonic; Media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Apr 2016 18:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item