Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking dan Self Confidence Siswa SMAN 2 Percut Sei Tuan.

Simbolon, Joskar (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking dan Self Confidence Siswa SMAN 2 Percut Sei Tuan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8196172017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8196172017 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8196172017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8196172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8196172017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8196172017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8196172017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8196172017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8196172017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8196172017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8196172017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8196172017 TABLES.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8196172017 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8196172017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8196172017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8196172017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 8196172017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8196172017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (921kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8196172017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8196172017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Menganalisi validitas, kepraktisan,ke efektifan perangkat pembelajaran berbasis HOTS dengan model pembelajaran CTL yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan self confidence siswa, (2) Menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis HOTS dengan model pembelajaran CTL yang dikembangkan, (3) Menganalisis peningkatan percaya diri atau self confidence siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis HOTS dengan model pembelajaran CTL yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMAN 2 Percut Sei Tuan dan sampel diambil secara acak yaitu kelas XII MIA- 1dan kelas XII MIA- 2.Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh:(1) Validitas perangkat pembelajaran adalah valid menurut ahli, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis yaitu a) Respon tim ahli terhadap perangkat pembelajaran dapat digunakan dengan sedikit revisi, b) Penilaian observer pada lebar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dinyatakan dengan terlaksana dengan baik, Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif yaitu a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai pada uji coba II yaitu 91,17% b) tujuan pembelajaran yang dirumuskan telah tercapai dengan rata- rata 79,88% c) siswa memberi respon positif sebesar 89,62% d) alokasi waktu tidak melebihi waktu pembelajaran biasa, (2) Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, ditinjau dari N- Gain tes kemampuan berpikir kritis pada uji coba I yaitu 0,35 dengan kriteria sedang, pada uji coba II meningkat menjadi 0,47 dengan kategori sedang, (3) Rasa percaya diri siswa mengalami peningkatan, pada uji coba I yaitu 79,89 meningkat menjadi 85,35 pada uji coba II dengan kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sim p
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, Higher order thinking skills, Contextual Teaching Learning, Critical thinking, Self confidence.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:52
Last Modified: 23 Nov 2022 05:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49330

Actions (login required)

View Item
View Item