Pengembangan Tes Objektif Berbasis PISA untuk Materi Fluida di SMA

Mardiah, Lusi (2022) Pengembangan Tes Objektif Berbasis PISA untuk Materi Fluida di SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  8206175005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8206175005 COVER.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 2.  8206175005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8206175005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 3.  8206175005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8206175005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 4.  8206175005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8206175005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 5.  8206175005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8206175005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 6.  8206175005 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. 8206175005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 7.  8206175005 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. 8206175005 TABLES.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 8.  8206175005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 8206175005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 9.  8206175005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 8206175005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 13.  8206175005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 8206175005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of 14.  8206175005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 8206175005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen objektif berbasis PISA siswa SMA pada materi Fluida yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan model ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evalution). Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis kualitatif, instrumen tes sudah tergolong valid sesuai materi, konstruk dan tata bahasa. Hasil analisis Kuantitatif kualitas tes berbasis PISA adalah baik. Pada tahap implementasi (1) Analisis butir soal pada uji kelompok kecil diperoleh 32 butir soal valid dan 6 butir soal tidak valid, sedangkan pada uji kelompok besar diperoleh 30 butir soal valid dan 2 butir soal tidak valid. (2) Reliabilitas pada saat uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dikategorikan memiliki reliabilitas yang “sangat tinggi”. (3) Daya beda uji coba kelompok kecil diperoleh 2 soal kategori baik sekali, 22 soal kategori baik, 10 soal kategori cukup, dan 4 soal kategori tidak baik. Untuk uji coba kelompok besar diperoleh 6 soal kategori baik sekali, 22 soal kategori baik, 4 soal kategori cukup, dan 0 soal kategori tidak baik. (4) Tingkat kesukaran instrumen tes pada uji coba kelompok kecil diperoleh kategori soal sukar berjumlah 3 soal, soal dengan kategori sedang berjumlah 20 soal, dan soal dengan kategori mudah berjumlah 15 soal. Analisis data uji coba kelompok besar diperoleh soal dengan kategori kategori sukar berjumlah 6 soal, soal dengan kategori sedang berjumlah 15 soal, dan soal dengan kategori mudah berjumlah 11 soal. (5) Efektivitas pengecoh pada instrumen tes berfungsi dengan baik dan mampu mengecoh peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 532 Lus p
Keywords: Tes Objektiv, PISA, Fluida
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:28
Last Modified: 23 Nov 2022 05:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49300

Actions (login required)

View Item
View Item