Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan

Afriza, Muhammad Fajar (2022) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8186122003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8186122003 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8186122003 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8186122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8186122003 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8186122003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8186122003 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8186122003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8186122003 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8186122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8186122003 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8186122003 TABLES.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8186122003 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8186122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8186122003 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8186122003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8186122003 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8186122003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (775kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8186122003 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8186122003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8186122003 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8186122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui apakah hasil belajar seni
budaya kelompok siswa yang diajarkan dengan media pembelajaran Quizizz lebih
tinggi dari kelompok siswa yang diajar dengan media pembelajaran Power Point, (2)
mengetahui apakah hasil belajar seni budaya kelompok siswa yang memiliki
kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi dari kelompok siswa yang memiliki
kemampuan berpikir kritis rendah, dan (3) mengetahui apakah ada interaksi antara
media pembelajaran Quizizz dan media pembelajaran Power Point dengan
kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar seni budaya.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS MAN 2 Model
Medan terdiri dari 5 kelas. Sampel yang terpilih untuk menjadi kelas pembelajaran
media Quizizz adalah kelas X IPS-4 dan kelas X IPS-3 sebagai kelas pembelajaran
media Power Point. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling.
Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi  = 0,05 yang
dilanjutkan dengan uji Scheffe.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar seni budaya siswa yang
dibelajarkan dengan media pembelajaran Quizizz lebih tinggi daripada hasil belajar
seni budaya siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Power Point.
Dalam hal ini, rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran
Quizizz ( X = 28,41) secara keseluruhan lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata
hasil belajar siswa yang diajar dengan media pembelajaran Power Point ( X = 26,79),
(2) hasil belajar seni budaya siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi
lebih tingi dari hasil belajar seni budaya siswa yang memiliki kemampuan berpikir
kritis rendah, dalam hal ini, rata-rata hasil belajar siswa dengan kemampuan berpikir
kritist inggi ( X = 29,81) yang diajar dengan media pembelajaran Quizizz maupun
media pembelajaran Power Point lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil
belajar siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah ( X = 26,10), dan (3) terdapat
interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kritis, di mana
siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi lebih baik diajar dengan
menggunakan media pembelajaran Quizizz dibandingkan dengan menggunakan
media pembelajaran Power Point, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir
kritis rendah lebih baik diajar dengan menggunakan media pembelajaran Power
Point dibandingkan dengan media pembelajaran Quizizz.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Afr p
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Kemampuan Berpikir Kritis; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Nov 2022 01:44
Last Modified: 18 Nov 2022 01:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49213

Actions (login required)

View Item
View Item