TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PENCAK SILAT MENUJU BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) BERBASIS ANDROID DI PROGRAM STUDI KEPELATIHAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2022

LPPM Universitas Negeri Medan (2022) TRANSFORMASI PEMBELAJARAN PENCAK SILAT MENUJU BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) BERBASIS ANDROID DI PROGRAM STUDI KEPELATIHAN UNIVERSITAS NEGERI MEDAN 2022. EC00202273723.

[thumbnail of EC00202273723.pdf]
Preview
Text
EC00202273723.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menghasilkan produk pembelajaran dengan menciptakan media pembelajaran dalam membantu belajar tuntas matakuliah pencak silat berbasis android di program studi ilmu kepelatihan olahraga Universitas Negeri Medan yang menghasilkan kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE yang merupakan salah satu model desain pembelajaran sistematik, yang memakai 5 langkah, Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Program studi Pendidikan Kepelatihan Universitas Negeri Medan penelitian ini lakukan pada bulan Mei 2022. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil matakuliah pencak silat yang terdiri dari 2 kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengisian angket oleh ahli media, ahli materi dan mahasiswa dengan hasil penelitian sebagai berikut : Sampel kecil, dari sebaran angket pernyataan yang diberikan dari empat indicator maka diperoleh rata-rata total keseluruan indicator 95 % dengan kategori sangat layak digunakan. Dari sebaran angket pernyataan yang diberikan kepada ahli pembelajaran pencak silat dari empat indicator maka diperoleh rata-rata total keseluruan indicator 83 % dengan kategori sangat layak digunakan. Dari sebaran angket pernyataan yang diberikan kepada ahli materi pencak silat. Dari empat indicator maka diperoleh rata-rata total keseluruan indicator 84 % dengan kategori sangat layak digunakan. Dari sebaran angket pernyataan yang diberikan kepada sampel besar 60 siswa. Dari empat indicator maka diperoleh rata-rata total keseluruan indicator 98 % dengan kategori sangat layak digunakan. Dari sebaran angket pernyataan yang diberikan kepada ahli pembelajaran pencak silat . Dari empat indicator maka diperoleh rata-rata total keseluruan indicator 96 % dengan kategori sangat layak digunakan. Dari sebaran angket pernyataan yang diberikan kepada ahli video pembelajaran pencak silat sampel besar. Dari empat indicator maka diperoleh rata-rata total keseluruan indicator 96 % dengan kategori sangat layak digunakan. Luaran dari penelitian :
1. Menciptakan perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran
2. Menghasilkan panduan pembelajaran pencak silat berbasis android
3. Menerbitkan jurnal teragreditasi Internasional Q2
4. Melahirkan HKI Laporan penelitian dan Prodak

Item Type: Patent
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV1100 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc.
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:02
Last Modified: 14 Nov 2022 07:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49124

Actions (login required)

View Item
View Item