Sibarani, Berlin (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA: SEBUAH REFLEKSI TERHADAP PERAN DAN PRAKTEK PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN. In: International Seminar on Creative and Innovative Language Learning in the ICT Era Contributing to the Development of Indonesia, May 2011, Medan.
Text
Cover, Daftar Isi.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Fulltext.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris bertujuan untuk mendorong pebelajar agar dapat belajar bagaimana menggunakan bahasa Inggris sebagai alat komunikasi dalam berbagai genre komunikatif secara kreatif, kritikal, dan mandiri. Artinya, seorang pebelajar yang sudah mahir secara komunikatif, dia akan mampu menggunakan bahasa itu sebagai alat komunikasi lisan maupun tulisan, akan mampu menggunakan bahasa itu sebagai alat komunikasi, seperti penggunaan bahasa dalam rapat, seminar, diskusi, kegiatan sosial keseharian, ngobrol santai, dll. Dalam uraian tujuan di atas, selain penetapan luas cakupan areal kompetensi komunikatif, penentuan cara mencapai cakupan ini juga ditegaskan, yakni kreatif, kritikal dan independen. Ini berarti bahwa dalam rumusan tujuan di atas, pebelajarlah yang didorong agar menjadi pebelajar yang independen dalam upayanya mencapai seluruh cakupan kompetensi komunikatif tersebut. Dalam konteks seperti ini, pertanyaan yang sangat mendesak dikaji ialah bagaimana menggunakan ICT untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Inggris? Penetapan cara penggunaan ini pastilah didasarkan pada berbagai pertimbangan, antara lain dengan berbagai aspek yang terkait dengan subjek yang akan diajarkan, karakteristik pebelajar, dan guru. Hal-hal ini lah yang akan dikaji dan diurai dalam makalah.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Call Number: | 420.071 Sib e |
Keywords: | Pembelajaran bahasa; Teknologi; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 May 2016 01:29 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4909 |
Actions (login required)
View Item |