PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI MENJAHIT DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19

Erni, and Farihah, (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL PADA MATA KULIAH TEKNOLOGI MENJAHIT DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18 (1). pp. 121-131. ISSN 216-3241; E-ISSN : 2541-0652

[img] Text
Turnitin.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
Official URL: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/art...

Abstract

Pandemic Covid-19 membawa dampak yang cukup signifikan terhadap proses belajar mengajar. Didasari perubahan cara belajar secara luring menjadi daring baik pada mata kuliah teori maupun praktik, tentu perlu mendapatkan perhatian khusus dalam proses penyampaian materi perkuliahan. Oleh karena itu perlu adanya pengembangan media khusus yang dapat dipelajari oleh mahasiswa secara mandiri. Penelitian ini bertujuan merancang, mengimplementasikan, mengetahui kelayakan media, kepraktisan media dan keefektivan media serta respon mahasiswa terhadap pengembangan media video tutorial pada mata kuliah teknologi menjahit untuk materi cara mengoperasikan mesin jahit. Video ini dikembangkan guna mendukung pembelajaran daring dimasa pandemic virus corona. Pengembangan media video tutorial menggunakan model pengembangan 4-D melalui 4 tahapan yaitu tahap Define (pendefinisian), tahap Design (perancangan), tahap Development (pengembangan) dan tahap Disseminate (menyebarkan). Penelitian dan pengembangan ini melalui tahap uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektifitas. Hasil penelitian terhadap uji validitas oleh ahli materi dan ahli media dengan skor 3.75 pada rerata 3.20 – 4.00, maka aspek yang dinilai dikategorikan sangan jelas atau “Sangat valid”. uji praktikalitas sebesar 89.1 % dengan kategori “Sangat praktis”. dan uji efektifitas pada faktor motivasi balejar mahasiswa sebesar 85.12% dengan kategori “Sangat tinggi” dan hasil belajar psikomotor mahasiswa dengan perolehan nilai 80 dengan kriteria “Baik”.

Item Type: Article
Keywords: video tutorial; teknologi menjahit; pembelajaran daring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT500 Costume. Dress. Fashion
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Nov 2022 08:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49048

Actions (login required)

View Item View Item