Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Soal Cerita Dalam Materi Kecepatan Dengan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Di Kelas V SDN 101886 Kiri Hilir T.A. 2021/2022

Sari, Widya Puspita (2022) Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Soal Cerita Dalam Materi Kecepatan Dengan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Di Kelas V SDN 101886 Kiri Hilir T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1182111048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1182111048 COVER.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1182111048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1182111048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1182111048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1182111048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1182111048 PREFACET.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1182111048 PREFACET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1182111048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1182111048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1182111048 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1182111048 TABLES.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1182111048 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1182111048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1182111048 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1182111048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1182111048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1182111048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1182111048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1182111048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1182111048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1182111048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran miskonsepsi siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir dan (2) mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai yang dilengkapi dengan menggunakan metode certainty response index (CRI) untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% siswa paham konsep, sebanyak 5% siswa tidak paham konsep, dan sebanyak 53% siswa mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari penelitian ini diperoleh yaitu terdapat 4 jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas V SDN 101886 Kiri Hilir yang meliputi miskonsepsi sistematika, miskonsepsi dasar, miskonsepsi perhitungan, dan miskonsepsi interpretasi bahasa. Hasil persentase menunjukkan bahwa terdapat 25% siswa mengalami miskonsepsi sistematika, 12% siswa mengalami miskonsepsi dasar, 29% siswa mengalami miskonsepsi perhitungan, dan 34% siswa mengalami miskonsepsi interpretasi bahasaPenelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran miskonsepsi siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir dan (2) mengetahui jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa pada soal cerita dalam materi kecepatan dengan metode certainty of response index (CRI) di kelas V SDN 101886 Kiri Hilir. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 42 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai yang dilengkapi dengan menggunakan metode certainty response index (CRI) untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 42% siswa paham konsep, sebanyak 5% siswa tidak paham konsep, dan sebanyak 53% siswa mengalami miskonsepsi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dari penelitian ini diperoleh yaitu terdapat 4 jenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas V SDN 101886 Kiri Hilir yang meliputi miskonsepsi sistematika, miskonsepsi dasar, miskonsepsi perhitungan, dan miskonsepsi interpretasi bahasa. Hasil persentase menunjukkan bahwa terdapat 25% siswa mengalami miskonsepsi sistematika, 12% siswa mengalami miskonsepsi dasar, 29% siswa mengalami miskonsepsi perhitungan, dan 34% siswa mengalami miskonsepsi interpretasi bahasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi; Certainty Of Response Index (CRI); Kecepatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2023 02:09
Last Modified: 09 Jan 2023 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48968

Actions (login required)

View Item
View Item