ANALISIS KEKUATAN BAHASA KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI 2009

Siregar, Rosdiana (2010) ANALISIS KEKUATAN BAHASA KAMPANYE CALON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI 2009. In: Seminar Internasional Austronesia, 19 Jul 2010, Denpasar.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Tulisan singkat ini bersumber dari hasil penelitian kecil ragam bahasa politik yang digunakan pada masa kampanye pemilihan presiden RI tahun 2009 yang lalu. Objek penelitiannya adalah bahasa yang digunakan dalam spanduk-spanduk kampanye dari masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden. Karena penelitian ini bersifat kualitatif maka ketercukupan objek didasarkan kepada ke-berulangan pesan kampanye. Artinya, apabila pesan sudah berulang, maka jumlah objek penelitian dianggap mencukupi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan perekaman dengan kamera foto/pemotretan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis bahasa untuk mengungkapkan pesan itu sendiri dan cara pesan tersebut disampaikan. Objek yang difoto adalah semua alat peraga kampanye (spanduk, baliho, bendera, dll) yang terdapat di berbagai lokasi di Medan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Call Number: 808.032 Sir a
Keywords: Kekuatan bahasa; Kampanye; Slogan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 03 May 2016 19:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4885

Actions (login required)

View Item View Item