PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI IKATAN KIMIA

Dalimunthe, Qomaruddin Ramadhansyah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4172131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4172131007 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172131007 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172131007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4172131007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4172131007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4172131007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4172131007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4172131007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4172131007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 9.NIM 4172131007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.NIM 4172131007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 13.NIM 4172131007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.NIM 4172131007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14.NIM 4172131007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.NIM 4172131007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor keberhasilan suatu pembelajaran adalah media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mengetahui prosedur pengembangan Media Pembelajaran berbasis Web untuk materi Ikatan Kimia pada mata pelajaran Kimia kelas X program IPA; (2) Mengetahui tingkat kelayakan dari Media Pembelajaran berbasis Web yang dikembangkan untuk mata pelajaran Kimia kelas X program IPA; (3)Mengetahui hasil belajar kimia menggunakan media pembelajaran berbasis web terhadap nilai KKM pada mata pelajaran kimia. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPA di SMAN 1 Sunggal. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web. Instrumen Tes yang digunakan adalah tes hasil belajar Ikatan Kimia berupa pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal. Sedangkan validasi media dilakukan pada dosen kimia yang berjumlah 3 orang dan 2 orang guru kimia. Data di analisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji One Sample T-Test dengan menggunakan SPSS 22.0 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Model penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan berbantuan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis web pada materi Ikatan Kimia dari validator ahli yaitu Dosen Kimia dan Guru Kimia persentasenya berturut-turut 87,22%, 81,92% 79,72%, 75,27%, dan 75,27%, dengan rata-rata persentase 79,88%, yang menunjukkan hasil media yang di kembangkan sudah berada pada kategori “Layak”, dapat di ambil kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis Web sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis web yaitu rata-rata nya lebih tinggi dari nilai kriteria ketuntasan (KKM) yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 80.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 KIM 110
Uncontrolled Keywords: Ikatan kimia; Web; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:26
Last Modified: 26 Oct 2022 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48781

Actions (login required)

View Item
View Item