PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMKS DWI TUNGGAL 1 TANJUNG MORAWA

MANALU, MONA GLEDYS (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING DAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X OTKP DI SMKS DWI TUNGGAL 1 TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM  7163144023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7163144023 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM  7163144023 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7163144023 LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM  7163144023 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7163144023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM  7163144023 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7163144023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM  7163144023 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7163144023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM  7163144023 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7163144023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM  7163144023 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7163144023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM  7163144023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7163144023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM  7163144023 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7163144023 BAB I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM  7163144023 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7163144023 BAB V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM  7163144023 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7163144023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model hypnoteaching dan model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar korespondensi siswa kelas X OTK SMKS Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakukan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMKS Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa T.A 2020/2021 yang berjumlah 33 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok I sebanyak 17 siswa dan kelompok II sebanyak 16 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda yaitu untuk soal pretest dan posttest sebanyak 23 soal. Sebelum soal ini diberikan kepada sampel yang sesungguhnya, maka tes ini di ujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data kelas kelompok I nilai rata-rata pretest dan postest yaitu 56.25 dan 89.00. Sedangkan pada kelompok II nilai rata-rata pretest dan postest yaitu 56.56 dan 85.31. Berdasarkan hasil perhitungan dapat dilihat bahwa pada model pembelajaran hypnoteaching diperoleh nilai thitung = 8.901 dengan ttabel = 1.761 dengan taraf signifikansi sebesar 0.05. Pada model pembelajaran ARCS diperoleh nilai thitung = 7.476 dengan ttabel = 1.770 dengan taraf signifikansi sebesar 0.05. Maka dapat disimpulkan dengan penerapan model pembelajar Hypnoteaching dan model pembelajaran ARCS pada siswa kelas X OTKP SMKS Dwi Tunggal 1 Tanjung Morawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Hypnoteaching, Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction), Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 02 Nov 2022 01:56
Last Modified: 02 Nov 2022 01:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48736

Actions (login required)

View Item
View Item