Hutabarat, Wesly (2012) PENGAJARAN LAJU REAKSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT). In: Seminar Nasional Kimia 2012, April 2012, Medan.
Text
Reviewer.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Fulltext.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis pendekatan demonstrasi lebih tinggi dari pada hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional berbasis pendekatan demonstrasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IA SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang berjumlah 76 siswa dengan teknik sampel purposive. Setelah menentukan normalitas data dari hasil pretes, kemudian kelas eksperimen diberi pengajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament berbasis metode demonstrasi dan kelas kontrol diberi pengajaran dengan model pembelajaran konvensional berbasis metode demonstrasi. Nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen1 adalah (80,79 ± 8,50) dan rata-rata post-test siswa kelas eksperimen2 adalah (76,52 ± 6,54). Berdasarkan hasil analisa data, diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 2,570 sedangkan nilai ttabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = 74, sehingga thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran konvensional berbasis metode demonstrasi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Call Number: | 541.3 Hut p |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Laju reaksi; Metode demonstrasi; Pembelajaran konvensional; Teams Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 17 May 2016 08:52 |
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4861 |
Actions (login required)
View Item |